Terkadang kita perlu merubah segala keresahan menjadi suatu dinamika tulisan yang mengungkap perasaan itu sendiri.

Rabu, 28 Agustus 2013

Pengertian dan Tutorial Blender

Tidak ada komentar
Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License). Untuk spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg Ram 64Mb VGA 4Mb Disk Space 35Mb Windows 2000 dan lebih, Linux. Target di profesional media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti: Microsoft Windows Mac OS X Linux IRIX Solaris NetBSD FreeBSD OpenBSD. Perangkat lunak ini berlisensi GPL (GNU General Public License) dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.

Contoh Tutorial Blender (Membuat Robot)
(courtesy of google)


1.      Pertama-tama kita masuk ke aplikasi BLENDER, kemudia  akan muncul tampilan  BLENDER dan bentuk kubus. Untuk membuat gambar dibawah ini saya menambahkan bentuk dengan cara menekan alt+A dan akan muncul beberapa bentuk tambahan seperti di bawah ini. Pada benuk pertama saya menambahkan bentuk UV Sphere kemudian saya pipihkan dengan cara menekan s+z pada keyboard.

   
2.   Langkah berikutnya saya menambahkan bentuk kaki pada robot dengan  menambahkan bentuk kubus (Cube), kemudian saya bentuk dengan menggunakan edit mode dan membentuk runcing pada bagian ujung-ujungnya.



3.    langkah ketiga saya membuat leher pada robot dengan menggunakan bentuk cilinder yang sudah saya edit.




4.    Pada langkah ini saya menambahkan kepala dengan menggunakan bentuk kubus juga. Bentuk kubus saya pipihkan dan pada ujung belakangnya saya runcingkan dengan menggunakan editmod. Untuk mata saya menambahkan bentuk UV Sphare dan mulut menggunakan Torus.




5.             Langkah berikutnya saya membuat senjata  pada kepala robotnya dengan menggunakan bentuk kubus dan bentuk silinder sebagai  sambungan senjata dengan kepala. Bentuk ini saya edit terlebih dahulu dengan menggunakan edit mode.




6.    Dan  inilah hasil robotnya.








TUTORIAL MENGGUNAKAN BLENDER BISA DILIHAT DI VIDEO DI BAWAH INI:
(courtesy of youtube) 

Video 1
 


Video 2
 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar